Jumat, 27 Agustus 2010

Langkah Pasti Memulai Usaha Bagian 1



Jika Anda telah memiliki keinginan yang menggebu untuk memulai sebuah bisnis, sabar dulu. Anda harus cermat dan akurat dalam memulai usaha, agar rencana usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan matang, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut :

1.    Siapkan mental jadi pengusaha.
Anda harus mengetahui ciri dari seorang pengusaha, pengusaha berbeda dengan karyawan. Jika karyawan biasanya cenderung segera menghabiskan gaji bulanannya, tidak dengan pengusaha! Seorang pengusaha akan menginvestasikan kembali sebahagian penghasilan yang diperolehnya untuk mendapatkan hasil yang lebih besar lagi. Maka jika Anda ingin memulai usaha terapkanlah mental usaha pengusaha bukan karyawan.

2.    Visi dan Misi jelas.

Anda harus mengetahui visi dan misi dalam berbisnis hal ini sebagai acuan Anda untuk melangkah. Seringkali sebuah usaha mengalami kegagalan karena bisnis tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bisnis bidang usaha lain. Bersabarlah. Fokuslah pada satu bidang dulu, baru kemudian jika Anda sudah sukses silahkan Anda membuka usaha lain.

3.    Bisnis itu mudah.
Berpikirlah strategis dan simpel. Bicara soal bisnis, sederhana saja, sebagai contoh berbisnis air mineral.  Anda tinggal membeli sebotol air mineral seharga Rp. 500,- dan menjualnya kembali dengan harga Rp.1.000,- sehingga memperoleh keuntungan Rp.500,- jangan sampai menjual menjual dengan harga yang lebih rendah karena akan rugi. Ya, dengan menjual segelas air mineral dan memperoleh keuntungan Rp.500,- anda sudah menjadi seorang pebisnis. Tinggal dikalikan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Intinya sederhana, target Anda adalah memperoleh laba, niscaya bisnis Anda akan semakin maju dan berkembang.

4.    Jangan takut permodalan.

Modal acapkali dikeluhkan oleh calon pengusaha, mereka gusar karena kesulitan modal. Anda tentu tak perlu risau. Modal berkaitan erat dengan seberapa besar usaha yang akan Anda jalankan. Jika Anda tidak memiliki modal Anda dapat menggandeng teman atau saudara, agar bisnis Anda dapat lebih berkembang Anda pun dapat mengajukan pinjaman ke bank.

5.    Tempat strategis.

Urusan tempat memang agak ribet, tetapi jika Anda tau kuncinya, ditanggung beres, kuncinya adalah carilah tempat yang strategis. Strategis bisa jadi tempat yang ramai, dekat dengan aktivitas warga, atau dekat sekolah, kantor dan kampus, tapi terkadang masalah tempat seringkali mengecoh, makanya harus hati-hati, sebab ada juga tempat yang berada dilokasi yang tidak ramai dan strategis, eh, teryata berjubel pengunjung. Lalu kuncinya apa? Tentu saja, jika itu rumah makan, pelayanan dan makanan yang menggugah selera pastilah kuncinya. Intinya jika Anda kesulitan menentukan lokasi usaha, jangan gusar sebab Anda toh bisa menjual keunggulan lain yang anda miliki.
Langkah lain yang bisa Anda tempuh, yakni menciptakan strategis khusus untuk mencari konsumen. Contohnya sebuah UKM dijogja yang menjual makanan tradisional sebagai oleh-oleh yang tokonya berada di gang yang sempit. UKM tersebut memakai strategi dengan berkerjasama dengan biro perjalanan/travel dan dalam setiap kemasan/bungkus di cetak peta/denah untuk mencapai lokasi UKM tersebut.

6.    Siap buka usaha.

Jika Anda pemula dan benar-benar “hijau” tak perlu berkecil hati. Anda harus tetap optimis, atau Anda bisa banyak belajar kepada oarang-orang yang telah lebih dahulu membuka usaha dan belajar dari pegalaman mereka. Di samping itu Anda dapat bergabung dengan komunitas pengusaha, disini Anda bisa memperoleh saran dan berbagai bimbingan yang akan menjadikan Anda semakin yakin tuk melangkah.

1 komentar:

afikw mengatakan...

tenang ae bozzz pasti tak follow.
okay!!!
friend"s eternally'S power
+_+!!!
all izz well

Posting Komentar

Jo lali lho coment ne !!! ^-^