Rabu, 15 September 2010

MENENTUKAN JUMLAH PEGAWAI

Didalam sebuah usaha keberadaan pegawai adalah faktor yang sangat penting, karena jalannya usaha tidak terlepas dari peran mereka, disini kita harus cermat dalam menentukan karyawan jngan sampai kelebihan ataupun sebaliknya kekurangan. Untuk itu ada beberapa hat yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:
a.    Jumlah pengunjung dan petayanan, Jika jumtah pembeli banyak, Anda harus menghi­tung Jumlah karyawan yang ideal. Misalnya, Anda punya warung bakso, pengunjung rata-rata sehari 200 orang per hari. Anda idealnya memiliki 4 tena­ga, dua orang membuat bakso dan 2 orang cuci mangkok dan membuat pesanan minuman. Dengan demikian pelayanan dapat maksimal.
b.    Jumlah pendapatan, Jumlah pendapatan juga harus Anda pertimbang­kan. Jika penghasitan Anda masih kecil, cukup kar­yawan sedikit saja yang penting dapat tercover semua dan bisnis Anda lancar.
c.    Usaha berkembang pesat. Jika usaha Anda berkembang pesat dan Anda perlu membuka cabang-cabang di berbagai tempat, Anda harus menambah jumlah karyawan.
d.    Sistem kerja shift.Jika bisnis Anda memakai model kerja shift (pagi-malam) Anda harus menambah jumlah karyawan dan melakukan rolling kepada karyawan.

Nilai plus bisnis Anda
Bisnis Anda harus memiliki nilai lebih dibanding dengan bisnis-bisnis lain yang sejenis. Dengan begitu bisnis Anda akan memiliki ciri khas yang membedakan dengan tem­pat lain. Nilai plus bisnis Anda dapat ditempuh melalui:

a.    Pelayanan, untuk menjaga petayanan usahakan keramahan menjadi kunci sukses Anda, selain sikap jujur se­mua karyawan. Anda juga memberikan petayanan plus, misalnya pesan antar sehingga memudahkan pelanggan.
b.    Barang, barang yang Anda gunakan, jika itu Anda membuka warung makan harus bersih. Jika Anda menjual produk olahan usahakan setalu fresh dan segar.
c.    Suasana, jadikan tempat usaha Anda senyaman mungkin, misatnya tersedianya tempat parkir yang memadai. Sirkulasi udara yang nyaman dan tidak panas. Bita pertu perdengarkan saja atunan musik agar suasana makin mengesankan.

0 komentar:

Posting Komentar

Jo lali lho coment ne !!! ^-^