Rabu, 15 September 2010

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA Bag 2

Selain soal keuangan, faktor tata tetak tempat juga ber­pengaruh terhadap pengembangan usaha Anda. Usahakan untuk melayout ruang dengan efisien, yaitu optimalkan ruang yang ada. Berikut adatah kunci suksesnya:
A.        Utamakan Petayanan Konsumen Konsumen dipermudah untuk metakukan tran­saksi memilih dan membeli.
B.        Golongkan penempatan produk, sehingga mempercantik tampilan dan meyakinkan
konsumen untuk membeh. Setain itu, display 'yang sesuai akan mempengaruhi penjualan produk Anda. Misal­nya 2 produk dengan jenis yang sama tetapi displaynya berbeda, maka kecenderungan kon­sumen akan tebih memilih produk yang didis­play apik. Display ini, menunjukkan bagaimana Anda mempertakukan produk Anda.
C.       Amankan stok barang, Jangan sampai stok produk Anda habis, karena akan mem
pengaruhi penjualan. Jagalah stok Anda agar aman. Karena ketika konsumen men­cari stok yang tidak ada, mereka akan berlatih ke tempat lain yang masih memiliki stok.
D.       Fokus, Usahakan tata letaknya dibuat sefokus mungkin, sehingga konsumen tidak bingung. Hal ini juga akan membantu mereka memilih dan membeli produk yang diinginkan.
E.        Untuk meningkatkan kualitas, maka Anda sebaiknya menyeleksi produk yang akan dijual. Menyeteksi produk bisa dilakukan dengan cara:
ü  Kenali konsumen Anda dan lokasi usaha
ü  Kebutuhan = lingkungan (kebutuhan yang di­inginkan pasar berangkat dari lingkunganya)
ü  Masukan dari pembeli
ü  Tren pasar dan perubahannya (iklan, minat, dan lain-lain)
ü  Penambahan/penggantian produk untuk bisa meningkatkan pendapat harian
ü  Barang yang ditambah adalah barang yang memberikan keuntungan

F. Kondisi persaingan sekitar. Hal ini berbeda dengan pesaing. Yaitu, Anda diharapkan melihat kondisi pesaing yang meliputi 2 hal utama yaitu:
ü  Pelayanan, dan
ü  Barang dagangan
ü  Setelah mengetahui kondisinya, analisa dan cari celah yang tidak dimiliki oleh pesaing.
ü  Mengatasi persaingan bisa dilakukan dengan cara sehat sebagai berikut:
a.     Gali kelebihan Anda dengan:
·           Mengenal secara pribadi semua pelanggan
·           Bertukar informasi
·           Fokus pada kebutuhan harian
·           Memberi kemudahan pada pelanggan, misat layanan delivery
·       Kreatif dan terns mengikuti perubahan
b.     Metihat ketebihan bisnis Anda
·           Jangan perang harga
·           Fokuskan pada target konsumen Anda, jangan ikut-ikutan

0 komentar:

Posting Komentar

Jo lali lho coment ne !!! ^-^